Skip to content

Perang Dagang antara EE. UU Dan Cina akan menjadi nyata

Setelah berbulan-bulan ancaman dan pertempuran, perang dagang antara Amerika Serikat dan China akan menjadi serius.

Pada hari Jumat, dua ekonomi terbesar di dunia harus saling bertukar tembakan dengan mencapai $ 34 miliar dari ekspor satu sama lain dengan tarif baru dan curam, gerakan pertama dalam apa yang bisa menjadi siklus pembalasan yang menghancurkan.
Langkah-langkah yang direncanakan telah mendestabilisasi pasar dan telah memprovokasi peringatan dari perusahaan tentang kerusakan pada hasil mereka dan harga yang lebih tinggi untuk konsumen.

Presiden Donald Trump dan penasihatnya berpendapat bahwa tarif diperlukan untuk menekan Cina agar meninggalkan praktik yang tidak adil seperti mencuri kekayaan intelektual dan memaksa perusahaan AS untuk menyediakan teknologi yang berharga.

Beijing menyangkal bahwa dia salah dan mengatakan dia siap untuk berperang perang sampai akhir.

"Amerika Serikat akan menembaki semua orang dan itu juga akan menembaki dirinya sendiri," kata jurubicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng kepada wartawan, Kamis. Dia memperingatkan bahwa tarif AS akan merugikan perusahaan asing yang mengekspor produk dari China ke Amerika Serikat.

Sengketa teknologi adalah kemarahan Trump terhadap defisit 375 miliar dolar AS dalam perdagangan barang dengan China. Tapi setelah tiga putaran negosiasi antara kedua belah pihak, termasuk janji Cina untuk secara signifikan meningkatkan pembelian produk AS, Trump memutuskan untuk melanjutkan dengan harga.
Bentrokan dengan Cina terjadi ketika administrasi Trump juga berjuang untuk perdagangan dengan sekutu AS seperti Kanada dan Uni Eropa. Tarif AS atas impor baja dan aluminium telah memprovokasi langkah-langkah balas dendam terhadap miliaran dolar ekspor AS. Trump telah meningkatkan ketegangan dengan mengancam harga baru untuk mobil.

China tidak akan 'menembakkan tembakan pertama'

Tarif AS di China yang berlaku pada hari Jumat menunjukkan lebih dari 800 item yang berbeda, termasuk mesin industri, peralatan medis dan suku cadang mobil. Beijing berencana untuk membalas dengan memadamkan 545 produk Amerika seperti SUV, daging dan makanan laut.

Langkah-langkah Amerika Serikat diperkirakan akan berlaku pertama, sesaat setelah tengah malam ET pada hari Jumat. Itu sekitar tengah hari di Beijing, dan pemerintah China akan menunggu sampai kemudian untuk membalas, karena "itu tidak akan pernah menembakkan tembakan pertama, tetapi itu akan dipaksa untuk menyerang balik," kata Gao.
Amerika Serikat juga akan meneruskan tarif pada $ 16 milyar lainnya dalam ekspor Cina di musim panas nanti, dan China telah berjanji untuk membalas terhadap produk AS dengan nilai yang sama.

Para ekonom mengatakan bahwa jika tarif berhenti di sana, dampaknya terhadap kedua perekonomian akan kecil.

Tetapi Trump mengatakan, pemerintahannya akan menanggapi pembalasan Beijing dengan tarif hingga 400 miliar dolar produk Cina, meningkatkan prospek memburuknya pembalasan mata-ke-mata.
Saat ini, para analis mengatakan bahwa sulit untuk melihat salah satu pihak mundur.

"Dengan mengancam tindakan sepihak tanpa memiliki sekutu dan tanpa mengurangi perselisihan domestik dalam perdagangan, administrasi Trump telah mengundang China untuk menolak," kata Scott Kennedy, direktur Proyek Bisnis dan Ekonomi China di Pusat Studi Strategis dan Internasional. .

"Administrasi Trump juga percaya bahwa setidaknya memulai perang dagang adalah kepentingan mereka, ekonomi AS cukup kuat untuk menahan perlambatan perdagangan, posisi politik internal presiden lebih kuat dari sebelumnya di antara Partai Republik dan mendorong Tiongkok untuk berdagang dapat membantu memulihkan kredibilitas AS dalam hal-hal lain, "tambahnya.
Siapa yang bisa menahan lebih banyak rasa sakit?

Kedua ekonomi raksasa itu tampaknya siap untuk melihat pihak mana yang paling menderita. Kerusakan juga bisa menyebar ke ekonomi lain, menyakiti kepercayaan perusahaan dan mendorong perusahaan untuk menunda investasi.

Kekhawatiran tentang dampak dari konflik perdagangan telah mengguncang pasar di seluruh dunia, dan saham serta mata uang China telah berada di bawah tekanan khusus dalam beberapa pekan terakhir.

Kennedy mengatakan dia yakin antusiasme pemerintah Trump terhadap konflik "akan mengikis karena rasa sakit ekonomi dan konsekuensi politik dari perang dagang mulai terjadi." Pada titik itu, Amerika Serikat akan lebih tertarik pada negosiasi, dan Bagian Cina juga akan ingin datang ke meja. "
Tetapi mencapai kesepakatan yang diterima kedua belah pihak akan sulit. Misalnya, pemerintah AS UU Dia ingin China membatasi subsidi pemerintah untuk kebijakan seperti "Made in China 2025," yang berusaha menyuntikkan ratusan miliar dolar ke industri seperti robot, mobil listrik dan chip komputer dengan tujuan menjadi pemimpin.

Analis mengatakan tidak mungkin China akan menyerah pada rencana ini, yang dianggap penting untuk pengembangan ekonomi besar.

"Saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa pemerintahan Trump dapat mengembangkan dan menegosiasikan paket global dengan China yang benar-benar tetap," kata Kennedy. "Dan kemudian saya akan mengharapkan kedua pihak untuk mengejar semacam kesepakatan untuk menyelamatkan wajah yang terlihat bagus di atas kertas, tetapi itu tidak bertahan lama."

Trackbacks

No Trackbacks

Comments

Display comments as Linear | Threaded

No comments

The author does not allow comments to this entry

Add Comment

Enclosing asterisks marks text as bold (*word*), underscore are made via _word_.
Standard emoticons like :-) and ;-) are converted to images.

To prevent automated Bots from commentspamming, please enter the string you see in the image below in the appropriate input box. Your comment will only be submitted if the strings match. Please ensure that your browser supports and accepts cookies, or your comment cannot be verified correctly.
CAPTCHA

Form options

Submitted comments will be subject to moderation before being displayed.