Skip to content

Trump bertanya kepada penasihat tentang invasi Venezuela pada tahun 2017

Presiden Donald Trump meminta beberapa penasihat kebijakan luar negeri senior Agustus lalu tentang kemungkinan menyerang Venezuela selama pertemuan mengenai sanksi diplomatik yang diberlakukan Amerika Serikat pada pemerintahan otokratis, kata seorang pejabat senior pemerintah yang akrab dengan komentar tersebut.
Penasihat Trump, termasuk penasihat keamanan nasional, HR McMaster, sangat mendesak menentang gagasan invasi militer ke Venezuela, memperingatkan dia bahwa itu bisa menjadi kontraproduktif dan menjelaskan bahwa sekutu AS di kawasan itu dengan tegas menentang tindakan drastis. Mengambil tindakan militer terhadap Venezuela akan menjadi eskalasi dramatis dari respon sejauh ini secara eksklusif diplomatik dan terfokus pada sanksi Amerika Serikat terhadap krisis politik dan ekonomi yang menimpa negara Amerika Selatan.
Meski begitu, pejabat dengan pengetahuan tentang komentar pribadi Trump mencatat bahwa "tidak ada rencana segera untuk serangan militer" dan menandai komentar sampai Trump berpikir "dengan keras."
Presiden mengatakan dan berpikir banyak hal yang berbeda, "kata pejabat itu. Pikirkan saja dengan keras. "
Komentar pribadi Trump kepada para penasihatnya dilaporkan untuk pertama kalinya oleh Associated Press. Mereka tiba sehari sebelum dia mengatakan secara terbuka, di samping Sekretaris Negara, Rex Tillerson, dan duta besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley, yang tidak mengambil "opsi militer" melawan Venezuela dari meja.
Trump pada bulan berikutnya terus menekan para pemimpin Amerika Latin tentang kemungkinan itu, bahkan dalam kerangka Majelis Umum PBB ketika ia makan malam dengan banyak pemimpin itu, yang semuanya mengatakan mereka tidak ingin invasi AS ke Venezuela.
Venezuela telah menjadi fokus utama dari kebijakan administrasi Trump terhadap Amerika Latin, dengan Trump mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan tekanan pada pemerintah Presiden Venezuela Nicolás Maduro. Pemerintah telah memberlakukan banyak sanksi dan mengeluarkan pernyataan keras yang mendesak pemerintah Venezuela untuk mengizinkan pemilihan yang bebas dan adil diadakan.
Wakil Presiden Mike Pence juga telah bertemu beberapa kali dengan para pemimpin oposisi Venezuela dan telah mengeluarkan kecaman keras terhadap pemerintah Venezuela selama perjalanannya ke Amerika Latin baru-baru ini.
Komentar Trump bukanlah kali pertama dia mengangkat kemungkinan aksi militer terhadap negara lain. Sebelum pendinginan ketegangan dengan Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir, Trump dibahas dengan penasihat tentang kemungkinan serangan preemptive terhadap rezim di Pyongyang dan pada bulan Januari mencoba untuk memesan evakuasi tanggungan militer AS di Korea Selatan, terdengar alarm antara pembantu keamanan utama yang khawatir Korea Utara bisa menafsirkan gerakan itu sebagai persiapan untuk perang.
Seperti pembahasannya tentang aksi militer di Venezuela, penasihat Trump mencegahnya mengambil tindakan kurang ajar.

Trackbacks

No Trackbacks

Comments

Display comments as Linear | Threaded

No comments

The author does not allow comments to this entry

Add Comment

Enclosing asterisks marks text as bold (*word*), underscore are made via _word_.
Standard emoticons like :-) and ;-) are converted to images.

To prevent automated Bots from commentspamming, please enter the string you see in the image below in the appropriate input box. Your comment will only be submitted if the strings match. Please ensure that your browser supports and accepts cookies, or your comment cannot be verified correctly.
CAPTCHA

Form options

Submitted comments will be subject to moderation before being displayed.